Tuesday, 07 November 2017 06:54

Jalur Laut, Pintu Masuk Favorit Pengedaran Narkoba

Tahukah Anda, bila jalur laut menjadi jalur favorit bagi penyelundupan narkoba?

Jalur ini dipilih para penyelundup narkoba lantaran dianggap lebih aman bila dibandingkan dengan jalur darat maupun udara. Hal ini mengingat Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki bibir pantai yang panjang, serta memungkinkan adanya pelabuhan tersembunyi atau “pelabuhan tikus”. Pelabuhan-pelabuhan seperti ini yang dapat mempermudah para penyelundup untuk mendistribusikan barang haram tersebut.

Bila dilihat lebih dalam, pasokan narkoba yang datang ke Indonesia berasal dari sejumlah negara di dunia. Ini meliputi jaringan Amerika Latin, Afrika, Asia Timur, dan negara-negara Asia Barat seperti Iran, Irak, dan Afghanistan. Namun, pasokan paling besar justru datang dari Tiongkok.

Narkoba biasa diselundupkan melalui  Sungai Mekong, yang melintasi negara-negara Asia Tenggara seperti Myanmar, Kamboja, dan Laos. Oleh karena itu memang dibutuhkan kerja sama antara Indonesia, dalam hal ini Badan Narkotika Nasional (BNN) dan negara-negara di kawasan Asia Tenggara untuk menghadang distribusi narkoba tersebut.

Salah satu kerja sama yang dapat dilakukan adalah dengan prenotification precursors, berupa pemberian data informasi mengenai distribusi pasokan, sehingga Indonesia sendiri dapat melakukan antisipasi di pelabuhan-pelabuhan. Kerja sama ini sendiri telah dilakukan Indonesia dengan Tiongkok. Sebagai contoh, adalah dalam kasus Freddy Budiman. Tiongkok memberikan informasi mengenai keterlibatan 131 perusahaan di Beijing dalam kasus ini.

Selain kerja sama yang dilakukan dengan otoritas luar, BNN di daerah juga mengadakan kerja sama dengan otoritas dalam negeri seperti Angkatan Laut dan Direktorat Polair Polda setempat untuk menghadang distribusi narkoba melalui jalur laut. Namun demikian, yang tak kalah penting juga sebenarnya adalah peran serta masyarakat setempat dalam mencegah masuk dan beredarnya narkoba di dalam negeri. Tentu  saja, dengan kontribusi semua pihak, upaya pencegahan distribusi narkoba di Indonesia diharapkan dapat terlaksana dengan baik

Read 12 times
Login to post comments
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…