Tuesday, 25 July 2017 09:16

Selamatkan Masa Depan Bangsa Dari Bahaya Narkoba Yang Mengancam Generasi Penerus

Selamatkan Masa Depan Bangsa Dari Bahaya Narkoba Yang Mengancam Generasi Penerus Media Online

Oleh Lidia Pratiwi

Kita pasti sudah tak asing dengan pidato Bung Karno, Presiden pertama RI yang berbunyi “Beri aku 1.000 orang tua niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.”. Penggalan pidato tersebut adalah ungkapan rasa hormat Bapak Bangsa akan arti penting “masa depan Bangsa Indonesia”.

Dalam berbangsa dan bernegara, setiap individu pastilah sudah mafhum bahwasanya pemuda merupakan aset penting tumpuan bangsa. Di tangan para pemuda, tampuk kepemimpinan bangsa digantungkan. Oleh karenanya, sebuah bangsa yang ingin tetap berjaya dan utuh, regenerasi merupakan hal mutlak yang tidak dapat ditawar lagi.

Perjuangan mempertahankan kedaulatan bangsa dari generasi ke generasi tentu akan menemukan berbagai tantangan. Berulang kali Indonesia berusaha dijatuhkan lewat peperangan.Kolonialisme pada masa pergerakan nasional, kehancuran ekonomi saat orde baru. Kini, generasi muda dihadapkan pada perang yang berbeda. Perang Asimetris atau Proxy War.

Era perang modern, tidak lagi langsung berhadapan dengan negara lain yang menjadi sasarannya melainkan melalui perang asimetris/proxy war melalui pihak ketiga yang berasal dari luar negeri maupun dari dalam negeri. Bentuk pihak ketiga digunakan dengan tujuan untuk memprovokasi agar masyarakat suatu bangsa saling bertentangan, timbul mosi tidak percaya, terpecah belah hingga saling menindas satu sama lainnya.

Presiden Jokowi tak pernah luput untuk terus memperingatkan hal tersebut. Proxy war terjadi di Indonesia melalui berbagai cara, di antaranya narkoba, konflik antarkelompok, maupun terorisme.

Di antara jenis proxy war yang kini tengah menghantam Indonesia, narkoba menjadi salah satu yang paling berbahaya. Sejarah pernah mencatat bagaimana narkoba pernah menjatuhkan suatu bangsa, manakala Bangsa Cina tergerus oleh candu (opium). Perang Candu merupakan dua perang yang terjadi pada pertengahan abad ke-19, antara Cina dan Inggris di kedaulatan Cina.Pada perang tersebut pedagang Eropa menggunakan kekuatan adiktif candu untuk memperoleh hubungan dagang penting dengan Cina, negara yang mengisolasi diri dari dunia luar.

Menyadari bahaya narkoba bagi kelangsungan negara, Presiden Jokowi selalu memperingatkan setiap elemen bangsa, bahwa saat ini Indonesia ada dalam tahap darurat narkoba. Lewat Badan Narkotika Nasional, perang melawan narkoba terus-menerus digelorakan. 

Perlu disadari, Indonesia adalah negara besar yang memiliki banyak penduduk dengan jumlah pemuda yang diprediksi terus meningkat. Kekuatan Indonesia tersebut hanya bisa ditundukkan manakala moral pemuda-pemudi bangsadilemahkan oleh narkoba.

Sudah berlangsung, saat ini penyalahgunaan narkoba di Indonesia sudah sangat merajalela. Indikasinya dapat dilihat dari makin banyaknya pengguna narkoba dari semua kalangan dan peredaran narkoba yang terus meningkat. Namun yang lebih memperihatinkan, penyalahgunaan narkoba, justru banyak dari kalangan remaja dan anak muda, yaitu para pelajar dan mahasiswa.

Dalam hal ini, keluarga dan institusi pendidikan merupakan pihak yang berkewajiban dan bertanggung jawab dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dikalangan pelajar dan mahasiswa.

Oleh karena itu, sebagai generasi yang bertanggung jawab dalam membina kaum muda, edukasi dan perhatian akan menjadi modal besar bagi kaum muda agar tak jatuh ke dalam jerat narkoba. Selain itu, perlu dipersiapkan sebuah sistem yang dapat bekerja secara efektif untuk mencegah masuknya narkoba ke dalam sekolah maupun kampus, serta dapat menutup berbagai celah bagi pengedar narkoba untuk menjadikan lingkungan kampus dan sekolah untuk pendistribusian narkoba dengan pelajar dan mahasiswa sebagai konsumennya.

#stopnarkoba

Read 174 times Last modified on Tuesday, 25 July 2017 09:43
Login to post comments
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…