Tuesday, 07 November 2017 06:55

Indonesia Jadi Target Sedap Bagi Peredaran Narkoba

Peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia ternyata tak selalu berdampak positif. Apalagi jika dikaitkan dengan bahayanya peredaran narkoba dewasa ini. Indonesia tak lagi menjadi wilayah transit bagi peredaran barang haram ini, melainkan telah menjadi target wilayah atau pangsa pasar. Hal ini tak mengherankan, karena Indonesia memiliki wilayah yang luas dan penduduk yang banyak. Kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi, kini Indonesia memiliki peningkatan dari segi jumlah pendapatan per kapita dan kelas menengah. Hal ini turut dinilai telah memicu dijadikannya Indonesia sebagai target.

Alhasil, jutaan orang di Indonesia telah menjadi korban dari penyalahgunaan narkoba. Korbannya tak tanggung-tanggung. Semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, maupun dewasa dapat menjadi korbannya. Namun demikian, hanya ribuan yang dapat direhabilitasi. Di saat yang bersamaan, tidak sedikit pula jumlah orang yang meninggal akibat overdosis menggunakan narkoba. 

Kasus penangkapan yang diungkap melalui pemberitaan-pemberitaan di berbagai media, bukanlah sebuah titik akhir. Pada hakikatnya, hal tersebut hanyalah puncak gunung es yang terlihat di permukaan. Padahal, permasalahan narkoba, mulai dari peredaran hingga penyalahgunaannya masih banyak yang belum terungkap. Apalagi melihat wilayah Indonesia yang luas dan bermainnya oknum-oknum yang ikut memanfaatkan situasi dan kondisi seperti ini. 

Dengan demikian, perlu diingatkan kembali bagi kita semua untuk terus bersama-sama mencegah peredaran narkoba. Hal ini bukan saja tugas aparat yang memiliki otoritas langsung, melainkan tugas semua pihak. Masyarakat harus mempunyai peran serta dalam melakukan pencegahan ini.

Sosialisasi terkait bahayanya narkoba perlu selalu dilakukan, seperti di sekolah-sekolah. Hal ini berguna untuk menumbuhkan kesadaran para pelajar bahwa narkoba sangat berbahaya bagi segalanya, apalagi masa depan mereka. Tentu saja, sosialisasi yang terus dilakukan ini harus berjalan bersamaan dengan upaya penindakan menghalau distribusi narkoba yang secara terus-menerus dilakukan, baik melalui jalur darat, laut, dan udara.

Read 9 times
Login to post comments
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…