Tuesday, 07 November 2017 07:00

Ancaman Kehancuran NKRI oleh Narkoba

Apa yang dikatakan Presiden Jokowi soal ancaman proxy war dengan menggunakan narkotika untuk menghancurkan Indonesia bukanlah tanpa alasan. Fakta yang terjadi di masyarakat menunjukan kalau memang Indonesia sedang mengalamai situasi darurat narkoba. Ribuan orang telah menjadi korban dari maraknya peredaran narkoba di Indonesia. Tidak hanya itu, sebagian besar dari korban peredaran narkoba adalah generasi muda.

Generasi muda bagi suatu bangsa memegang peranan penting keberlangsungan negara di masa depan. Dengan hancurnya mental generasi muda, maka kehancuran suatu negara bukan hal yang mustahil.

Ancaman kehancuran negara lewat pelemahan mental generasi muda oleh narkoba bukanlah isapan jempol semata. Sejarah mencatat banyak negara dibuat porak poranda akibat maraknya peredaran narkoba oleh pihak lain. Sebut saja “Perang Candu” di Cina pada tahun 1839 sampai 1842 oleh Inggris.

Mental generasi muda di Tiongkok dipreteli satu per satu lewat suplai candu dalam skala besar. Dampak rusaknya mental pemuda di Tiongkok tidak main-main. Inggris menang dan memaksa Tiongkok untuk menandatangani perjanjian yang salah satu isinya mengenai penyerahan Hongkong untuk menjadi tanah jajahan Inggris.

Apa yang terjadi pada “Perang Candu” di Tiongkok kini tengah berlangsung di Indonesia. Kepala Badan Narkotika Nasional ( BNN) Komjen Budi Waseso mengatakan, ada 11 negara yang dikendalikan oleh 72 jaringan internasional mensuplai narkoba jenis sabu ke Indonesia.

Berdasarkan rute penyelundupan sabu, sebagian barang haram tersebut terlebih dahulu transit di Malaysia dan Singapura sebelum akhirnya sampai dan beredar di Indonesia.

Dua negara tetangga tersebut sabu hanya sekadar transit saja, tidak sampai diedarkan. Hal itu dikarenakan hukuman yang sangat berat menanti pada setiap pelaku narkoba. Sebagai kejahatan luar biasa, maraknya peredaran narkoba di Indonesia berpeluang besar untuk mengancam ketahanan negara Indonesia.

Oleh sebab itu, jika tidak ditangani secara serius, dampaknya bukan hanya ke personal pemakai barang haram itu, melainkan hingga nasib keberlangsungan negara. Bukan tidak mungkin Indonesia mengalami kehancuran bahkan lenyap apabila mental generasi muda semakin dirusak oleh narkoba.

Read 9 times
Login to post comments
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…