Tuesday, 07 November 2017 06:59

Dunia Hiburan Identik dengan Penyalahgunaan Narkoba, Benarkah?

Memang tak bisa dijadikan acuan, namun menjadi tokoh publik menjadi salah satu pintu masuknya penyalahgunaan narkotika dalam hidupnya. Sebut saja sederetan nama besar dari dunia musik, seni peran bahkan tokoh politik hingga tokoh pemerintahan, kerap terjerumus dalam jeratan obat terlarang tersebut.

Memang siapa saja berisiko besar terjerat narkoba, apalagi dengan kondisi mental digempur deretan stres dan depresi. Lantas apa yang menjadi faktor banyaknya tokoh publik kerapkali terlibat dalam kegiatan penyalahgunaan narkotika? Berikut rangkumannya

  1. Tekanan pekerjaan

Menurut keterangan beberapa tokoh yang tertangkap karena kasus narkoba, alasan kenapa mereka menggunakan barang terlarang tersebut karena tekanan pekerjaan. Mereka mengkonsumsi narkoba umumnya karena keletihan, kurang percaya diri dan sebagainya.

Pada dunia seni peran dan musik, biasanya memanfaatkan barang terlarang tersebut sebelum tampil di depan umum. Beberapa jenis memang dipercaya bisa meningkatkan percaya diri. Namun, ada pula obat terlarang yang difungsikan sebagai penenang. Sepinya tawaran kerja tak jarang membuat seseorang frustasi hingga akhirnya terjerumus di dunia narkoba.

  1. Narkoba sudah dianggap gaya hidup

 

Hal itu karena narkoba memang sudah dianggap sisi dari gaya hidup. Banyak di tokoh publik yang menganggapnya sebagai hal biasa.

Jika dulu, hanya orang-orang berpenampilan urakan yang biasa bersentuhan narkoba, namun saat ini begitu banyak orang yang terlihat rapi namun ternyata juga menggunakannya. Fatalnya, sebagai tokoh publik tentu memiliki banyak pengikut atau penggemar, dikhawatirkan mereka juga menganggap jika penggunaan narkoba adalah hal yang biasa.

  1. Memang diincar bandar narkoba

BNN sendiri telah mensinyalir bahwa bandar narkoba memang membidik para tokoh publik khususnya artis sebagai strategi marketing peredaran barang terlarang itu. Para pengedar memang melihat potensi pasar yang cukup menjanjikan di kalangan artis.

Selama ini, para pengedar melihat begitu banyak artis yang dinilai artis yang ‘membutuhkan’. Seperti dibahas sebelumnya bahwa narkoba tertentu memang dipercaya bisa meningkatkan rasa percaya diri. Hal tersebut yang dijadikan peluang bagi para pengedar untuk melancarkan bisnis mereka.

  1. Punya banyak uang

Memiliki banyak uang adalah salah satu alasan kenapa para seseorang menjadi incaran para pengedar narkoba.

Oleh sebab itu, para bandar narkoba menganggap jika menjual di kalangan atas akan menghasilkan keuntungan besar.

  1. Pergaulan bebas

Gaya hidup bergelimang kekayaan yang cenderung mengarahkan seseorang pada pergaulan tanpa batas. Tipe pergaulan seperti ini acap kali membawa seseorang sangat rentan terjerumus pada jeratan narkoba.

Mereka sadar bahwa barang tersebut akan mendatangkan mudarat bagi kehidupannya, tapi seringkali tawaran menggunakan akan sulit ditolak apabila datang dari lingkar pertemanannya.

Itulah lima alasan kenapa dunia tokoh publik begitu rentan dengan jerat narkoba. Beberapa kalangan khususnya artis dan pemusik seringkali mudah disusupi narkoba. Kendati demikian, bukan berarti terjun di dunia hiburan itu buruk, masih banyak artis dan pemusik yang mampu menjaga diri.

Read 15 times
Login to post comments
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…